Tanya Jawab

Tanya jawab ini seputar masalah pengisian pulsa listrik pln dan saya sebagai admin dari situs ini tidak ada kaitannya dengan PT. PLN Indonesia. Karena saya hanya pengusaha jika boleh dikatakan demikian yang melakukan penjualan pulsa listrik.

  • Pertanyaan yang tidak kami jawab: info
  • Jika Beli Dapat Berapa KWH: info

Jika ada pertanyaan terkait teknis:

  • Pulsa tidak bisa masuk ke meter
  • Ada tulisan cancel,  periksa atau STL [klik disini]
  • Kerusakan pada jaringan listrik
  • pemadaman listrik
  • Kerusakan Meter

Hubungi PLN 123 bukan ke kami, karena situs merupakan sarana jual token listrik prabayar.

336 Responsesso far.

  1. Amy says:

    Maaf saya mau tanya
    saya akan pindah rumah dari kota A ke kota B.
    Apakah meteran listrik prabayar saya dapat saya bawa pindah.
    Terima kasih..

  2. hadi saputro says:

    pak, kalo token listrik sudah ada atas nama Tuan A, apakah bisa diisikan untuk listrik Tuan B? terima kasih

  3. Joko Suharto says:

    sy tinggal dibogor, suatu hari listrik mati begitu menyala kembali kok hanya rumah sy yg mati begitu sy tengok di meternya ternyata muncul angka 000 pdahal sebelumnya baru sy isi 20 rbu….apakah dgn lampu mati pulsa listrik bisa hangus????

  4. aditia says:

    saya mau tanya,kenapa listrik di tempat saya tidak menyala,padahal token listrik saya masih banyak,sudah saya coba cek semua cabel dan stopkontak sudah saya matikan tetapi masih saja listrik tidak masuk,tolong solusinya

  5. Rozali says:

    saya mau tanya pak
    listrik di rumah saya pakai meter prabayar tapi cepat sekali habis padahal yang saya gunakan hanya laptop dan lampu dan keperluan kecil lainnya seperti cas hp dan sebagainya yang tidak memakan daya terlalu besar. sy beli 50rb tidak sampai satu minggu sudah habis, mohon penjelasannya

    • Dear Pak Rozali;

      Bapak bisa menghitung menggunakan cara seperti ini:
      Jumlah KWH listrik saat ini / (jumlah total daya peralatan listrik dalam 1 jam)

      Misal:
      Saat ini tertulis di meter 162.05 berarti ada 162KWH atau 162000W per Jam. Apabila konsumsi daya maksimal peralatan seluruhnya 500Watt/Jam

      Maka Hasilnya:
      162000 dibagi 500 = 324Jam
      Apabila 1 hari 15 Jam pakai = 21.6 hari

      Ini dengan asumsi diatas perhitungan standar tanpa ada peralatan yang konsleting, peralatan yang start enginenya lama atau tenaga Jala-Jala voltasenya buruk/rendah.

      Semoga membantu

  6. Nursih says:

    Cara order pulsa token bagaimana cara nya ????

  7. agus says:

    kenapa sekarang pembelian token pulsa sering ganguan..,
    dan sulit untuk mendapatkannya..,
    bahkan sampe keluar kota pun juga demikikan dan hasilnya NIHIL

    kalo seperti ini terus kapan kami bisa menikmati
    ke indahan rumah kami di malam hari

    tolong minta penjelasanya apa
    dan bagai mana anda menangapi tentang keluhan ini.

    saya di sini mewakili seluruh pelanggan PLN prabayar

    • Dear Pak Agus;

      Itulah fungsinya kami menyediakan jasa token listrik prabayar ini pak, yaitu untuk memudahkan pihak yang membutuhkan token pulsa. Dan hingga saat inipun proses penjualan kami ke pelanggan berjalan dengan Normal.

      Apabila bapak kesulitan melakukan order silahkan kunjungi halaman ini http://plnprabayar.com/cara-beli

  8. edi says:

    pak, kenapa listrik di tempat saya tiap lampu padam dan udah nyala lagi, di tempat tetangga juga udah nyala, tapi di tempat saya lama nyalanya kadang bisa setelah 5 jam baru bisa nyala. gambar saklar di layarnya itu ga nyambung. itu kenapa ya? apa ada pengaturanya berapa lama bisa nyambung setelah listrik masuk?

  9. rizal says:

    Pak sy mau tanya, pada saat pembelian pulsa prabayar di atm tp nmr meter tidak dikenali atau salah digit, knp bisa begitu ya pdhl sebelumnya nmr meter tsb tidak ada masalah

  10. boboy says:

    Pak ditempat kami habis mati lampu kira-kira 2jam,tp setelah lampu nyala Pulsa Token jadi 0.00KWH. Sebelum mati listrik masih ada kurang lebih 80,00 KWH.
    Itu permasalahanya apa??
    Terima kasih.

    • pertanyaan teknis ini silahkan ditanyakan ke 123 atau PLN setempat

      • boboy says:

        pada waktu itu pln langsung datang kelokasi tp tidak bisa kasih penjelasan kenapa bisa hilang,
        mereka hanya bisa ambil tindakan untuk penggantian meter jika kesalahan terulang,.
        masak iya tunggu kami kehilangan token lagi.

  11. ade says:

    Mau tanya kenapa setelah penambahan daya, dan tidak bisa di isi tokennya?apakah harus nunggu token habis dulu atau gimana? Trims

    • setelah ganti meter ke digital token, silahkan cek ke 123 apakah status sudah aktif di pihak PLN atau belum. Jika belum maka idmeter tidak bisa di request tokennya, yang kedua jika request tokennya berhasil tapi tidak dapat dimasukkan kemungkinan ada masalah dengan meter listrik.

  12. TYAN says:

    knp saya beli pulsa token gangguan terusa blgnya

  13. fahrur rozi says:

    Saya tinggal di bogor dan penjaga konter dari kemarin sore ga bisa transaksi pulsa listrik(token)ket:pln sedang gangguan tolong infonya kenapa kok bisa kasian yang costemer cari-cari token…tapi semuanya sedang gangguan

    • silahkan bertransaksi melalui kantor pos terdekat atau atm BRI terdekat, saat ini pemesanan lewat kami juga sedang terkendala

      • sugeng ariyanto says:

        kenapa ga beli di loket PPAG (bank arta graha) dan PPOB BRI (KIPO) . saya melayani pulsa listrik tidak ada masalah.

  14. erwin says:

    saya dari Lampung, sebelumnya pelanggan KLP sinar siwo mego, dan sudah pindah ke PLN dan dirumah saya sudah dipasang meteran digital, dan sudah dapat kartu prabayarnya, tapi sampai sekarang jalur kabel yg dari rumah belum dipindah ke digital, jadi sekarang saya masih pake meteran lama punya KLP, gimanatuh solusinya??? Tks.

  15. miseni says:

    kenapa pulsa listrik tidak bisa dibeli dikonter konter dan harus ke PLN

  16. asep says:

    kenapa pihak PLN, sepihak seperti itu… saya coba hubungin 123 sibuk dan kadang didiamkan tanpa penjelasan yg pasti, awalnya saya cari pulsa token di counter = gangguan, di Alfamart= sdh tidak kerja sama lg, di Indomaret = gangguan, kantorpos sabtu minggu ndak buka 24 jam, atm, di tempat2 tertentu. klo saya ndak punya ATM bagaimana..?

  17. fikri says:

    sejak ganti ke prabayar menurut saya ini bukan suatu kemajuan melainkan kemunduran dimana customer harus menghabiskan waktu dengan masalah kwh yang hilang ,sulit mendapatkan voucer/pulsa (token)karena sering mengalami gangguan atau server bermasalah. tidak seperti sebelumnya yang dengan mudah customer bayar melalui e-banking (hemat waktu), tidak perlu cek kwh setiap saat (was-was), dsb.

  18. nagreg says:

    dari kemaren terus aja gangguan,katanya disaranin pake token pulsa,ko malah kaya gini,susah buat cari pulsa ,payah

  19. Wengki says:

    kenapa sekarang pembelian Token tidak bisa lagi di konter-konter yg menggunakan Pulsa (HP)???

  20. allen says:

    Apakah token pln prabayar memiliki time limit sebelum diinput? (tanpa sengaja voucher terselip dn ditemukan setelah bbrp bulan kemudian misalny)

  21. widiarto says:

    kl gitu mah… sm ajee susah,nyeblin.mndingan metran biasa;mati lmpu ,mati smua,ada tetangganya mati lmpu jg. kl pake token,jadi malu alrm terus,dikira ga bisa bli token. kaya gas katanya lbh murah,lm-lm naik.jd mhl. bisanya dalih doang.

  22. adimas bayu says:

    saya dari jember pak…
    saya mau tanya..
    kenapa setiap pengisian pulsa pada meteran listrik, tidak sesuai dengan jumlah yang di voucher (berkurang).
    misalnya isi pulsa 20ribu, tp knp di meteran cuman masuknya 16ribu aja ??

    tlg penjelasannya pak…
    thank’s .

  23. rolan says:

    dalam keadaan MCB On, listrik sering tiba-tiba mati, tetapi setelah MCB di Off kan kemudian di On kan lagi, listrik menyala. Kejadian ini semakin sering. Setelah saya coba perhatikan, ternyata MCB yang kurang berfungsi dengan baik, saya coba untuk mengganti dengan MCB yang baru dan type yang sama. Setelah diganti, ternyata pada panel KWH muncul CALL. Apakah yang harus saya lakukan?

  24. adli herwan says:

    pulsa selalu gangguan di daerah bogor barat,,,padahal q beli vocher gk bisa2,,pln tuh selalu permainan

  25. adha says:

    maaf saya mau tanya,,kenapa setelah saya tambah daya,,saya tidak bisa isi token listrik..
    minta tolong bantuannya..mksh

  26. adri says:

    token saya kok gk biamsa dipakek lagi.padahal masa berlaku masih lama

  27. ari wibowo says:

    Permisi Pak admin..
    mo tanya…
    “tadi siang beli voucher 100.000 di Kantor Pos
    terus sorenya, saya masukkan nomor token listrik tsb, namun muncul pesan “USED” padahal saya belum menggunakannya.
    … itu bagaimana pak.. terima kasih

  28. yupry says:

    kenapa banyak masalah dan modus kehilangan pulsa pada listrik prabayar?? PLN santai santai saja dalam merespon….dan petugas PLN yang datang gaptek dalam menjelaskan…mohon jadi perhatian serius..?????

  29. Zig says:

    PLN emang anj***, mereka yg bikin listrik token justru mereka yg buat masalah, cari token kmana mana ga dapat semuanya gangguan. Bangsaa****…

  30. dias says:

    betul gak,?
    sekarang klo beli token lsg bisa masuk sendiri ke meteran tanpa kita masukkan 20 digit angkanya???
    mohon jawabannya..
    cz, tgl 28 mei 2014, saya beli token 20rb di counter(1) bilangnya gagal, lantas saya beli di counter(2) dengan nominal yg sama dapat no token..
    malamnya saya di sms oleh counter(1) katanya udah masuk, tpi g dapet no token, pulsanya langsung masuk ke meteran listrik..
    masalahnya sekarang, yg seharusnya menurutnya perhitungan saya ( krn selalu saya catat ) habisnya token tgl 7-8 juni 2014, namun skrang ( 2 juni 2014 ) sudah minta di isi lagi..
    benarkah ada token yang kita terima tanpa 20 digit angka..
    maaf sebelumnya, jika tulisan saya sangat panjang..
    terima kasih….

  31. heri says:

    saya mau tanya
    tadi siang kan saya jualin pulsa token ke orang lewat aplikasi BNI pln
    saya masukan no pelangannya dan saya masukan jumlah yang dia beli
    keterangannya gagal dan saldo saya tidak berkurang
    trus saya masukan lagi no pelangannya dan nominal yang sama yg kedua berhasil
    tapi pas cek setoran transaksi yang pertama berhasil juga padahal keterangannya tadi gagal
    apakah bisa di komplinkan ke pihak PLN terdekat apa harus gmn?
    Mohonsarannya

  32. TIKA says:

    mau tanya saya kan di kostan pakai listrik pulsa.atau token.tapi saldo pulsa nya tetap tidak berkurang padahal ada pemakian listrik mohon solusi nya
    .

  33. siti halijah says:

    saya telah melakukan pembayaran PLN prabayar sebesar Rp100.000 di mesin ATM, tapi struk tokennya tidak keluar, gimana ya?

  34. azmi says:

    mau tanya.:D

    kenapa kok tampilan di meteran saya gag ada nomernya?

    tampilannya cma lampu..
    gag ada tulisannya..

  35. wijaa says:

    ini sudah mengisi nomer token dengan benar,kenapa gagal terus ya

  36. desta says:

    pak saya mau tanya saya pakai kwh 900wat kemarin sy isi 100.000 sisa sebelm nya ada 3rts perak setelah sy isi ket nya menjadi 15576 itu pembacaan nya gimana pak sy kurang paham apakah jd nya 15000 105000 apakah jd 155000?mohon jwban nya pak…terimaksih

  37. norison says:

    Om admin, saya mau tanya..apakah seseorang bisa beli voucher listrik ( token listrik ) meskipun berbeda provinsi ( pulau ) ambil contoh : si A domisili ( tinggal ) di kota balikpapan namun pembelian voucher listriknya di jakarta, tks

  38. nenny says:

    sya mau tanya.knpa stiap sya bli pulsa listrik yg masuk cma stngah dari nominal yg sya beli.
    misalnya sya yg bli yg 50rb tpi ketika sya msukan isi nya yg masuk cma 25rb,knpa kok gtu,,,????

    triuma kasih

  39. Tri says:

    Bisa tidak Pembelian Token Listrik Dibatalkan ? karena Nominalnya terlalu besar. Counternya salah input Nominal yg seharusnya Rp. 25 rb tapi diinput Rp. 250 rb

  40. rizal says:

    pak saya mau tanya, kalo token listrik sudah ada atas nama Tuan A, apakah bisa diisikan untuk listrik Tuan B? mohon jawabanya , thx

  41. Mia says:

    Pak, 2 hari yang lalu saya beli token pulsa di counter pulsa sebelah rumah, setelah dikirmkan via sms saya tidak langsung memasukkan no pulsa yang 12 digit tsb, no token tsb hilang ketika inbox di hp saya terhapus, bagaimana pak caranya agar pulsa token saya yg belum terpakai tsb bisa saya daptkan kembali. Kemana saya harus mengecek nya? terima kasih

    • Silahkan ke counter tempat ibu membeli pulsa listrik tersebut, siapa tau ada historynya. next time hati-hati

      • Mia says:

        History nya jg sdh terhapus oleh pihak counternya pak, tp sy pikir bisa mendapatkan nya kembali dengan cara mengecek kemana gitu pak. terima kasih info nya

  42. Romi Jasman says:

    Saya pelaku PPOB, udah lebih dari 3 x selama saya buka usaha ppob, pelanggan komplain, token yg dimasukkan gagal, padahal esok harinya saya telp ke pln, seri tokennya sama dengan yg kami cetak. Sudah lebih dr 24 jam mengikuti panduan 123, yg akhirnya mau didatangkan teknisi, eh ga kunjung datang, dan token angus gitu aja.
    Eh pelanggan nuntut ke ppob, dan pln setempat salahkan ppob. Padahal data token sama yg tertera di pln 123.

    Mohon penjelasan.
    NB. Token yang dimasukkan sudah benar.

  43. felix says:

    Pak..tanggal 27 agustus saya baru isi token 50ribu dan biasanya bertahan lebih dari dua bulan dan meteran listrik saya 450 watt,kok kemarin tanggal 1september 2014 saat sore uda abis..tertulis dimeterannya 00.0.
    Mau tidak mau harus isi token lagi kemarin..
    Bagaimana menurut tanggapan bapak PLN..terimakasih.

  44. djoko budihardjo says:

    saya baru saja membeli token sebesar 200.000 melalui mbanking mandiri dan menerima pulsa sebesar 196.500.
    tetapi setelah saya masukan ke meteran dimana pulsa sebelum diisi adalah 2,21 dan setelah diisi menjadi 156.21???

    mohon penjelasan, terima kasih

  45. dean anshore says:

    Aneh, , beli token yg 50rb di conter deket rmh saya jml kwh nya 42.30,, seteltelah saya beli lg di atm Bca jmlh kwh malah smakin kecil 38.30,,
    saya bingung, begitu byk skali keuntungan yg didapat.. ini permainan dari mana, bca, pengelola server atau pln nya ?..
    terbukti kwh voucher ini sgt mahal aliass boroooooossss dibandingkan kwh yg lama… tolong ya diperhatikan oleh para pemain nya !!!!!

  46. randi says:

    Papan tombol token tidak berfungsi

  47. umar says:

    Maaf pertanyaan saya sama dengan pak Wijaa karena belum juga mendapat dari PLN, tentang nomer token sudah benar tetapi keterangan tetap tidak masuk alias gagal. mohon penjelasannya. dan bagaima cara mengatasinya. terima kasih.

  48. riska cahyani says:

    Sore,maaf pak mau tanya.kenapa yah setiap pengisian pulsa listrik saya ko ketarik terus,misalnya saya isi 100.000 lalu saya masukan no vocher token nya tapi terisi nya cuma 80.000,itu masalah nya kenapa yah?? makasi

  49. Joe says:

    Semalam baru mati listrik, lalu 2 menit kemudian nyala listrik nya tapi tiba-tiba pulsa listrik saya jadi nol, padahal sebelum mati listrik masih ada sekitar 130 kwh, kenapa bisa terjadi hal seperti ini ???? ini sama saja dengan saya kehilangan uang saya sebesar 200 ribuan, tolong diproses agar pulsa saya bisa kembali, ini kok makin kacau PLN, masak pulsa bisa hilang tiba-tiba, kepercayaan pelanggan bisa hilang kalau cara nya seperti ini, dan saya baca komentar komentar di atas ada juga yang mengalami hal serupa dengan saya. Kenapa PLN gak perbaiki ??? kok masalah seperti ini dibiarkan begitu saja ???????

  50. tiyex says:

    17/09/2014 at 6:42 pm

    Saya pelaku PPOB, udah lebih dari 2 x selama saya buka usaha ppob, pelanggan komplain, token yg dimasukkan gagal,dan pelanggan saya suru hub 123,dan jawaban dari pln malahan di suruh pelanggan beli lagi.dgn nominal yg berbeda,dan berhasil.yg pembelian pertama .hangus gitu aja. dan pelanggan komplin kepada saya dan terpaksa ganti. saya merasa di rugikan.
    Mohon penjelasan.
    NB. Token yang dimasukkan sudah benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


5 − = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>