• Solusi PERIKSA CANCEL STL

    Posted on 06/02/2012 by Pulsa Listrik in Info Listrik.

    Anda menemukan bahwa meter listrik prabayar anda dalam kondisi “PERIKSA” atau “CANCEL” atau “CEK” atau “STL” atau ada “TANDA TANGAN” pada layar lcd?

    Yah, kasus ini sudah sangat banyak terjadi, sehingga pada bulan januari 2012 kami mendapatkan telepon dari berbagai pihak yang mengalami hal ini. Kamipun melakukan ujicoba kepada beberapa pelanggan yang mengalami masalah serupa. Hasilnya adalah bahwa kode yang kita masukkan akan selalu ditolak sebelum tulisan atau gambar diatas hilang dari layar.

    Studi kasus dari masalah ini, karena instalasi yang baku karena begitu banyak merek meter listrik prabayar.

    • CONLOG
    • HEXING
    • STAR
    • iTRON
    • HOLLEY Metering
    • Actaris

    Perlakuan merek-merek diatas bisa jadi berbeda, jadi jika outsourcing dalam hal pelayanan instalasi meter mendapatkan meter baru yang belum biasa dipasangnya maka bisa menyebabkan kondisi “PERIKSA” atau “CANCEL” atau “CEK” atau “STL” atau ada “TANDA TANGAN” pada layar lcd, bahkan yang terparah setelah sebulan pakai listrik tidak dapat mengalir ke dalam rumah.

    Solusi Masalah:

    Hubungi segera PLN terdekat dikota anda untuk dapat pengganti meter yang baru atau mendapatkan kode tamper untuk membuka status menjadi READY atau siap digunakan. Hubungi 123 jika anda kurang tau lokasi pln terdekat, kami siap membantu anda dalam pemenuhan listrik secara online.

     Saran Dari Pak Agus (disini)

    agus says:
    April 27, 2012 at 5:41 am
    bagi pelanggan prabayar yg ada tertulis dimonitor periksa,stl.tanda tanggan itu menandakan ada salah satu kabel instalasi rumah saudara yang bocor.diharapkan diperbaiki.utk caranya.matikan mcb group atau sekring bagi pada instalasi lihat monitor masih berkedipkah tanda tersebut.bila mana tidak berkedip lagi berarti instalasi saudara sudah baik.

    Update:
    Setelah beberapa kali tetangga mengalami masalah dan kami meminta mereka agar ketika petugas lapangan datang memeriksa Ground dan Netral pada jaringan listrik di meter ke dalam rumah, memang rata-rata kejadian ini disebabkan oleh hal tersebut. Hal ini karena meter digital sangat sensitif dan memiliki akurasi lebih baik dari meter analog. Sehingga ketika terjadi beban lebih pada saat beroperasi atau terjadi kesalahan pemasangan maka secara otomatis sistem halt atau tidak berfungsi dengan benar.

    Solusi sederhana adalah:
    1. Matikan semua jaringan listrik baik didalam maupun luar rumah
    2. Nyalakan kembali posisi meter digital ke on (cek apakah masih ada periksa, jika ya berarti dari jaringan luar)
    3. Tekan tombol reset biasanya 00 enter atau anda coba panduan kode khusus
    4. Jika dilayar sudah tidak ada tanda periksa atau cancel, silahkan nyalakan kontrol listrik bagian dalam (mcb / sekring on)
    5. Jika ternyata keluar periksa/cancel kembali maka bagian jaringan dalam anda bermasalah.

    Post Tagged with , , , ,

113 Responsesso far.

  1. janoko says:

    seharusnya PLN menyediakan pelayanan online untuk mendapatkan kode tamper di web nya, mungkin dengan cara memasukkan ID pelanggan kemudian setelah enter/execute kode tamper muncul.
    Dengan begitu semua pelanggan dengan mudah mendapatkan kode tamper tersebut dan tidak perlu telp-telp pln lagi. Pengalaman saya hari ini setelah telp pln dan menunggu 1,5jam baru dapat kode tampernya, listrik prabayar bikin kesellllllllllllllll…..

    • usulnya sangat baik :) sayapun bersedia buatkan (‘jika metodenya tidak sulit’) jika memang dari pihak pln bersedia memberikan API rule yang dibutuhkan.

  2. mang faqih says:

    kasian admin, jgn terlalu kasar, comennya, lanjut min, kalau bisa pak admin rayu bagian pln agar mau ngasih tau nom tampernya, kasian rakyat yg mengalami masalah2 sprti kejadian d atas

  3. Albari says:

    Masalah no. Tamper, adakah telp on line utk pelanggan ? Biar g kena biaya lagi.

  4. zainullutfi says:

    saya mengalimi agak beda dari apa yang di jelaskan di atas karena meter saya sejak di pasang sampai sekarang berfungsi dengan baik dan tidak ada tanda-tanda masalah. baru masalhnya muncul ketika say mengadakan isi ulang pulsa ternyata sudah 2 minggu ini saya membeli pulsa selalu gagal dan pulsanya akan habis kurang lebih 2 hari lagi, saya mulai gelisah karena rumah saya sebentar lagi menjadi gelap. tolong bagaimana jalan keluarnya

  5. helena listyo says:

    Mengapa ya saat isi pulsa PLN selalu keluar kata GAGAL?

  6. andro meda says:

    mz mau tanya nie, kalo ground n netral pada posisi on semuanya, indikator kwh ny menyala, pulsa msh ada, kenpa jaringan listriik tidak masuk kerumah y??
    apa karena ada faktor eror ato gmn, soalny saya jg uda minta k PLN untuk perbaikan, n sudah diperbaiki, tp g bisa lg, n ini uda yg ketiga kali, solusinya gmn y mz?
    makasih sebelumnya

  7. dhe says:

    trimaksih info nya sngat membantu PK.Admin.
    bru sja listrik token saya mati jam 20.38 WIB.
    dr sore isi pulsa token tdk masuk2 ada tanda PERIKSA trus. saya belum sempat lapor ke Kantor PLN.
    mana anak sya bru lahir 1 minggu. Solusi sederhana nya sangat membntu listrik rumh sya bisa menyala kembli. lanjutkan terus ….!!!!

  8. susan says:

    saya kecewa dengan pln masalah pengaduan tentang meteran saya yang muncul Periksa…
    mulai dari kemarin jam 06 petang sampai sekarang ini saya nulis disini belum ada orang yang datang untuk menangani masalah meteran saya ini….

  9. Nasik says:

    apakah token itu ada waktu kadaluarsanya???

  10. Carino says:

    oy, tuk kasus “kode tamper” dikenain biaya ga tuh ma PLN,,, dan kalau kasus nya mas “ANDRO MEDA” gimana tuh ya Admin??????

    Ayooooo………….jawab dunk’s

  11. Bambang Syahrial says:

    lambat untuk mendapatkan kode temper

  12. asep saepul malik says:

    Admin mau tanya donk.

    Saya menggunakan token sudah 2 bulan ini. Awal tidak ada masalah namun sekarang ini apabila mati lampu. Trus ketika nyala kembali kenapa MCB ikut ngetrip (ke posisi Off) dan ketika di ON tidak bisa.dan baru bisa ON ketika semua peralatan listrik di OFF.
    Ditunggu solusinya

  13. hendra says:

    bagaimana cara memulihkan KWH bila LCD bertuliskan (PERIKSA) ?

  14. wahid Sulistiyono says:

    Saya memasang instalasi baru di salah satu perumahan dan penambahan grounding.
    dan setelah selesai pemasangan meteran tak ada masalah selang berapa menit semua jaringan listrik mati selang beberapa waktu di meteran listrik yang instalasinya saya perbaiki di LCD bertuliskan “PERIKSA”
    apakah ada kesalahan pada penambahan grounding dan instalasi….

  15. Hadi Gunawan says:

    Bpk PLN yg terhormat tolonglah kami ini masyarakat kecil yang sudah sangat susah untuk membayar listrik ini karena tarif dasar listrik yang terus naik harganya,sekarang ditambah lagi dengan macam2 masalah yg jujur kami kurang mengerti. pikir saja saya tinggal dikota,kurang mengerti, apalagi orang2 awam yg tnggal di desa. coba PLN berfikir sampai kesitu. trma ksh

  16. ahmad said says:

    cara mengetahui token sudah tepakai atau beluk yang sudah di beli dan tidak masuk dalam KWH listrik kita

  17. afan says:

    kenapa gak ada jawaban dari admin
    rakyat gelisah malah ditinggal,,,,
    Usul baik untuk layanan online seharusnya segera ditindaklanjuti,,

    • Karena kebanyakan peminat online tidak membaca dengan seksama aturan main penyedia jasa online itu sendiri. Sehingga banyak hal yang sudah dijelaskan namun sering ditanyakan kembali

  18. Hamada Undetected says:

    Pak, kalo bisa langsung di share kode clear-nya atau kode apa lah namanya itu agar bisa ngilangin kata “periksa” dan sebagainya, karena saya masih seorang siswa yang tinggal sendiri dan cukup merepotkan untuk pergi ke kantor PLN, apalagi nunggunya, lama, ampe terkadang mati dah listriknya karena kehabisan pulsa elektrik padahal butuh banget

    memangnya kenapa ya kalau kita tau kode untuk meng-clear tanda tersebut? apa kalian akan merugi atau bagaimana kalau saya boleh tau

  19. rahma says:

    udah lapor beberapa kali, seklai lapor ngabisin pulsa lebih 5ribu, dapetnya nomor lapor lagi nomor lapor lagi,
    :-(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 × = 32

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>